Breaking News

CARA MENGECAT MOTOR DENGAN BENAR

 CARA MENGECAT MOTOR DENGAN BENAR

 CARA MENGECAT MOTOR DENGAN BENAR - Kustom, pekerjaan cat sepedamotor adalah cara yang bagus untuk memberikan sepedamotor anda tampil yang unik dan lebih menarik. Jika anda melakukannya sendiri, anda dapat mengurangi biaya dan juga tenaga kerja, sementara memiliki control yang lebih besar atas sentuhan pribadi yang ingin anda tambahkan cat pada saat mengecat sepedamotor milik anda. Selain itu juga sangat menyenangkan untuk melukis dan mengecat sepeda motor jika anda sendiri seorang penggemar sepedamotor.
Baiklah artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mempersiapkan cat untuk pengecatan sepedamotor anda, dan juga bagaimana melindungi daerah di mana anda bekerja dari kerusakan cat atau hal-hal lain yang tidak anda inginkan.

BAGIAN 1 : MEMBUAT STAN CAT
1. Pilih area yang luas di mana tempat tersebut tidak masalah akan kotor.
Meskipun anda akan mengambil langkah-langkah untuk melindungi daerah ini agar tidak kotor. membuat stan cat adalah suatu tempat di mana cat noda bandel akan menjadi masalah besar. Maka dari itu pilihlah garasi atau gudang penyimpanan yang akan menjadi pilihan terbaik anda saat mengecat.
2. Melindungi dinding dengan lembaran plastik. 
Anda dapat membeli terpal atau plastik di setiap toko perbaikan rumah seperti Lowe atau Home Depot dan juga tersedia di toko bangunan. Pastikan anda membeli cukup untuk melindungi seluruh daerah dimana anda melakukan pengecatan sepedamotor.
  • Gunakan paku atau paku payung untuk menggantung lembaran plastik atau terpal pada dinding
  • Gunakan selotip untuk mengamankan bagian bawah lembar ke lantai. Hal ini akan mencegah lembaran terpal menggelembung, sehingga pada saat pengecatan akan membuat cat dapat mengotori dinding.  
3. Gunakan kipas angin dengan mengatur kecepatan sehingga kecepatan tersebut berubah-rubah.
Tempatkan di suatu tempat di mana ia akan meniup uap keluar dari ruang pengecatan, sehingga anda tidak menghirup uap tersebut terlalu banyak.
4. Mengatur pencahayaan tambahan seperti lampu.
Sangat penting bahwa anda dapat melihat apa yang sedang anda lakukan, sehingga menempatkan lampu tambahan di daerah di mana anda akan bekerja anda juga dapat menempatkan lampu meja pada permukaan yang datar dan tinggi.
  • Anda juga dapat meningkatkan kecerahan di ruangan dengan menambahkan reflektif seperti lembaran aluminium atau cermin pada dinding.

BAGIAN 2 : MEMPERSIAPKAN SEPEDA MOTOR ANDA

1. Lepas dan Pindahkan bagian-bagian dari motor yang ingin anda cat. 
Artikel ini akan menggunakan tangki sebagai contoh, tetapi metode dasar yang sama harus diterapkan untuk semua potongan pada sepedamotor. tangki adalah tempat yang bagus untuk memulai jika anda masih awam dan baru pertama dalam mengecat sepedamotor, karena itu tangki cukup mudah untuk dilepas dan memiliki permukaan datar yang luas sehingga memudahkan anda untuk mulai mengecat.
Periksa ukuran kunci inggris yang anda butuhkan untuk melepas baut pada tangki yang melekat pada motor anda.
  • Pindahkan semua baut dari tangki yang melekat pada kerangkanya. 
  • Simpan baut dalam kantong plastik jelas dengan diberi tanda "baut tangki." Agar tidak kebingungan pada saat anda memulai pemasangan jika semua pekerjaan anda telah selesai
2. Gosok dengan kertas pasir pada permukaan yang anda ingin cat. 
Bagian iniakan memakan waktu dan butuh kerja keras, tapi ini merupakan lamgkah penting. jika permukaan yang anda gosok tidak tidak halus sempurna, maka hasilnya akan berakhir dengan jelek dan tidak merata cat pada sepedamotor anda, dan tidak seorang pun yang menginginkan hal tersebut terjadi.
  • Pembelian kertas gosok pasir terjual ditoko bangunan.
  • Gosoklah permukaan tangki dengan kertas pasir dalam gerakan melingkar sampai anda telah menghapus cat lama.
  • Anda harus memegang metal pada akhir proses.
  • Ganti bolak-balik antara lengan untuk mencegah kelelahan dan rasa pegal.
  • Beristirahatlah jika anda merasa lelah, Anda tidak harus menyelesaikan proyek ini dalam satu kali kerja
3. Lap dan bersihkan permukaan yang baru di gosok dengan kertas pasir.
Bersikan partikel atau debu yang menempel pada permukaan tangki, karena pada saat pengecatan harus dalam keadaan benar-benar bersih sehingga hasilnya memuaskan. 
4. Ampelas lapisan body filler di atas permukaan yang baru anda haluskan.
Hal ini akan membantu memastikan anda bekrja dengan halus dan tingkat permukaan yang serata mungkin. anda dapat membeli filler body di setiap toko otomotif dan juga tersedia di toko perbaikan rumah. 
  • Campurkan filler dengan baik untuk memastikan itu tidak longgar dan tidak mengeras, karena filler tersebut dapat mengeras dengan cepat, jadi ulangi prosesnya dalam jumlah yang diperlukan.
  • Oleskan di lapisan dengan ketebalan sekitar 0,5 cm.
5. Gosok kembali dengan kertas pasir pada permukaan setelah filler body telah mengalir.
Tunggulah satu jam untuk memastikan permukaan kering sepenuhnya dan siap untuk pengamplasan kedua.
  • Jika Anda tidak puas bahwa permukaan yang anda gosok belum halus dan belum siap untuk di cat, maka tuang kembali filler body dan amplas ulang dengan kertas gosok pasir.
  • Bila anda sudah puas dengan kehalusan permukaan, maka beralih ke tahap berikutnya: yaitu mengecat sepedamotor anda.
BAGIAN 3 : MENGECAT SEPEDA MOTOR ANDA
1. Buatlah dua lapis perekat epoxy primer.
Hal ini akan membantu melindungi permukaan terhadapuap di jalanan. dan mencegah efek yang tidak diinginkan seperti berkarat.
  • Ikuti petunjuk pada kemasan untuk untuk mencari tahu merek pengeras apa yang anda gunakan untuk mencampurnya. Pastikan anda melakukan hal ini di toko cat sehingga anda dapat membeli pengeras pada waktu yang sama.
  • Produk-produk ini dapat bervariasi secara signifikan dalam kebutuhan perawatan, sehingga tidak bekerja dengan asal-asalan dan selalu mengikuti aturan praktis dan juga petunjuk khusus yang ada.
  • Campur primer dengan pengeras.
  • Tuangkan larutan ke dalam kaleng pistol semprot anda.
  • Oleskan satu lapis secra merata pada permukaan tangki sepedamotor anda, dan biarkan hingga kering, kemudian ulangi.
  • Ikuti rekomendasi waktu pengeringan pada kemasan primer yang anda beli.
  • Ketika memakai produk apapun dengan pistol semprot, pastikan untuk memindahkan semprotan perlahan dan merata di seluruh permukaan.
2. Gosoklah ringan pada permukaannya, setelah lapisan kedua telah kering.
Kebanyakan primer meninggalkan bekas setelah beberapa lapis, jadi anda perlu mengamplasnya lagi untuk kelancaran pengecatan sepeda motor anda.
  • Gunakan ampelas 2000-grit basah dan kering.
3. Usapkan permukaan dengan kain yang sudah di basahkan dengan thinner.
Jangan gunakan thinner terlalu banyak karena dapat menghapus primer, gunkan secukupnya untuk menghapus permukaan, kemudian baru diamplas.
4. Bersihkan pistol semprot.
Pasti semua orang tidak ingin salah satu primer epoxy bercampur dengan cat yang ingin anda gunakan.
5. Campur cat dengan thinner lebih tipis.
Sama seperti halnya dengan primer epoxy, menggunakan rasio direkomendasikan pada kemasan produk tertentu yang anda beli. Sekali lagi, anda ingin memastikan telah mencampur produk secara menyeluruh. Hal ini akan mencegah penyumbatan dalam pistol semprot dan memastikan lapisan yang halus pada sepeda motor anda.
6. Gunkan pistol semprot untuk menerapkan 3-4 lapisan cat yang anda pilih untuk sepedamotor anda.
Anda harus mengamplas pada bagian permukaan sebelum mengecat pada lapisan akhir.
  • Biarkan setiap lapisan benar-benar kering sebelum dikerjakan lagi, dalam  waktu pengeringan yang dianjurkan pada kemasan cat.
  • Setelah lapisan ketiga dari cat telah kering, gosok lagi permukaan dengan amplas 2000-grit basah dan kering. Dan pastikan permukaan menjadi sangat halus dalam persiapan untuk lapisan pengecatan yang terakhir.
  • Bersihkan permukaan dengan kain bersih setelah pengamplasan.
  • Terapkan lapisan akhir cat dan biarkan kering dengan sendirinya.
  • Bersihkan pistol semprot anda secara menyeluruh setelah anda telah melakukan pengecatan lapisan akhir pada permukaan.
7. Tambahkan dua lapis clearcoat untuk menyelesaikan dan melindungi pekerjaan cat dari unsur-unsur yang tidak diinginkan.
Ikuti rekomendasi pada kemasan cat pernis untuk menentukan berapa lama anda harus membiarkannya agar mengering sebelum melakukan pengecatan lapisan kedua.
  • Jika setelah lapisan kedua dari pernis telah mengering dan anda pun puas dengan produk akhir, maka tugas anda sudah selesai!
  • Jika masih ada kesalahan-kesalahan, maka gosok sekali lagi dengan amplas 2000-grit basah dan kering, kemudian lapisi kembali pernis clearcoat sehingga anda puas.
TIPS 
  • Ada lebih banyak hal yang dapat anda lakukan, bukan hanya dari sekedar pengecatan sepeda motor. Tapi toko sepeda motor juga menawarkan setang, velg roda dan aksesoris lainnya untuk membuat sepeda motor anda menjadi kustom (modification).
  • Anda bisa mengecat sepeda motor dengan warna cat sepeda motor baru untuk mengubah warna dari sepeda motor anda, anda bahkan juga dapat memilih warna yang berbeda untuk bagian yang anda inginkan dari sepeda motor anda, agar memberikan penampilan yang unik.

PERINGATAN
  • Uap cat sangat beracun, maka gunakan masker atau kipas angin agar meniup uap ke area terbuka.
  • Cat sangat mudah terbakar. Jangan menggunakan cat dekat dapur atau area lain yang dapat menimbulkan api. Sebaiknya anda jangan merokok ketika sedang melakukan pengecatan. 
  • Pada saat pengecatan sepeda motor anda, seharusnya tidak boleh ada kebocoran yang dapat menyebabkan tumpahan dan genangan air licin. Sehingga waktu kerja anda tidak berjalan dengan mulus.
  • Ruang di mana anda sedang mengecat tidak boleh dekat dengan ruang tamu atau di dekat banyak orang. karena penghirupan uap dalam waktu lama-lama dari asap bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.
Semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian :)

No comments